Sabtu, 19 April 2008

KARAKTER GURU TERBAIK DAN TERBURUK

LIMA KARAKTER GURU TERBAIK MENURUT SAYA

  1. Memotivasi : memberikan semangat kepada para siswanya agar tidak pernah menyerah dalam belajar. Motivasi sangat diperlukan oleh setiap orang untuk tetap berusaha.
  2. Berbagi pengalaman: pengetahuan (ilmu) tidak hanya didapat dari belajar, tetapi pengetahuan juga didapat dari pengalaman seperti kata pepatah pengalaman adalah guru yang paling berharga. Dengan guru menceritakan pengalamannya kepada muridnya maka murid akan mengambil pelajaran dari pengalaman guru tersebut. Seorang guru yang banyak pengalaman, akan memberikan nilai tambah di mata muridnya.
  3. Ramah dan murah senyum: seorang guru harus ramah kepada muridnya dan murah senyum karena selain untuk menambah keakrabaan siswa dengan guru, senyum adalah ibadah.
  4. Penyayang: sebagai orang kedua setelah orang tua kandung, guru harus menyayangi seluruh muridnya tanpa pilih kasih (diskriminasi).
  5. Humoris: guru yang humoris lebih banyak disenangi oleh muridnya karena anak didik perlu hiburan juga ketika belajar, jangan terlalu tegang ketika belajar.

LIMA KARAKTER GURU TERBURUK MENURUT SAYA

  1. Jutek: guru yang jutek tidak akan disenangi oleh murid-muridnya apalagi kalau tidak pernah senyum. Jangankan untuk menjadi seorang guru yang disenangi oleh murid-muridnya, terkadang murid enggan untuk menegur guru yang jutek.
  2. Egois: dalam mengajar seharusnya guru harus menghindari sifat egoisnya. karena semua orang tidak suka dengan orang yang keras kepala.
  3. Pilih kasih: seorang guru tidak seharusnya pilih kasih (diskriminasi) terhadap murid, seorang guru harus memandang sama terhadap semua murid untuk menghindari kecemburuan sosial.
  4. Membosankan: seorang guru harus pandai mengelola kelas agar anak tidak merasa bosan ketika belajar. Jika anak didik merasa bosan ketika belajar, maka mereka tidak akan menyerap dan memahami pelajaran yang diberikan oleh guru.
  5. Mendikte: tidak seharusnya seorang guru mendikte murid-muridnya karena kemampuan setiap murid berbeda. Seorang guru harus tahu kemumpuan setiapmuridnya

Tidak ada komentar: